Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Startup Adalah? Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Startup Adalah
Pengertian Startup.

Startup Adalah? Pengertian, Jenis, dan Contohnya [Milenialz.com, Blog Teknologi] - Startup adalah perusahaan yang memang waktu pertumbuhannya belum begitu lama. Dunia bisnis ini sangat kental dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini. Khusunya, dalam waktu belakangan ini perkembangan fintech di Indonesia sangat mempengaruhi pertumbuhannya. Kenali lebih dalam tentang pengertian, jenis, dan contohnya dibawah ini.

Apa itu Startup?

Pengertian startup adalah perusahaan yang perjalanannya masih kurang dari lima tahun, bisa dibilang perusahaan ini baru saja dirintis. Karena waktu beroperasinya yang belum begitu lama, jenis usaha ini juga sering disebut sebagai bisnis rintisan. Perkembangannya mulai melejit sejak tahun 2000 an, ketika bisnis di dunia digital semakin berkembang.

Dahulu mungkin saja semua orang masih mengira bahwa, bisnis startup bisa didefinisikan dengan perusahaan yang baru saja berjalan. Berbeda halnya dengan saat ini, definisi itu sering dikaitkan dengan perusahaan yang menggunakan inovasi di bidang teknologi untuk menjalankan bisnisnya.

Jenis-Jenis Startup yang Ada Saat ini

Karena jenis perusahaan ini mengaplikasikan penggunaan teknologi didalamnya, startup adalah bisnis yang mengandalkan fintech. Di Indonesia itu sendiri terdapat beberapa tipe yang berkembang dalam berbagai bidang.

1. Startup di bidang edukasi

Dunia edukasi memang tidak akan pernah meredup, hal itu ditandai dengan semakin melekatnya edukasi dengan teknologi. Ketika banyak sekali perusahaan berjenis unicorn ini bermunculan di bidang edukasi. Bahkan, startup di bidang ini juga memiliki perkembangan yang cukup melejit.

Beberapa perusahaan di bidang ini memberikan berbagai layanan edukasi untuk masyarakat. Khususnya bertemakan motivasi, inspirasi, ide, tips, dan berbagai hal lainnya di bidang Pendidikan.

2. Startup di bidang game dan hiburan

Jenis perusahaan startup yang satu ini juga tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Pamornya begitu tinggi meskipun level persaingannya cukup ketat. Perkembangan ini beriringan dengan jumlah gamer yang semakin meningkat di Indonesia. Erat kaitannya dengan teknologi yang saat ini digunakan pada berbagai game online.

Tidak hanya itu, saat ini kebanyakan game online tidak hanya bisa dimainkan di satu perangkat saja. Siapapun bisa memainkan berbagai jenis game dari smartphone ataupun PC. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha ini untuk meningkatkan keuntungannya.

3. Startup di bidang perdagangan dan e-commerce

Perkembangan dan kebutuhan masyarakat terhadap bidang perdagangan dan e-commerce atau online shopping tidak pernah berhenti. Bahkan, banyak orang yang rela untuk menghabiskan waktu berjam-jam untuk berbelanja online. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan startup yang kini semakin bermunculan di Indonesia. Persaingannya memang cukup besar seiring dengan pertumbuhan yang pesat.

Contoh Startup yang Sedang Melejit

1. 1. Perusahaan Bukalapak

Menjadi salah satu perusahaan dengan jenis situs jual beli online, bisnis ini termasuk menjadi startup yang sukses di Indonesia. Berdiri pada tahun 2010, hingga saat ini jumlah investornya sudah mencapai ratusan hampir jutaan.

2. Perusahaan Gojek

Perusahaan yang bergerak di bidang layanan transportasi online, perusahaan ini menjadi yang pertamakalinya memberikan layanan tersebut di Indonesia. Sejak tahun 2015, startup yang satu ini mulai mengembangkan layanannya seperti GoSend, GoMart, GoShop, dan GoRide, serta pelayanan lainnya.

3. Perusahaan Traveloka

Saat ini siapa yang tidak mengenal perusahaan traveloka. Karena startup adalah perusahaan yang berbasis teknologi, Traveloka menjadi pionir di bidang travel dan wisata. Berdiri sejak tahun 2012, layanan yang diberikan kini semakin beragam. Mulai dari berbagai tiket, akomodasi penginapan, hingga berbagai tagihan sehari-hari bisa Anda pesan dan bayarkan melalui aplikasi ini.

4. Perusahaan OVO

Untuk perusahaan startup yang bergerak di bidang fintech, OVO terkenal dengan kemajuannya yang begitu pesat. Menjadi yang terpopuler sebagai salah satu alat pembayaran digital dengan jumlah pengguna yang cukup besar di Indonesia.

Sudah tahu pengertian, jenis, dan contoh startup?

Setelah mengenal bahwa startup adalah perusahaan yang mengaplikasikan teknologi untuk menjalankan bisnisnya. Anda kini lebih mengenal perkembangan bisnis di era digital yang lebih kompetitif dan semakin berkembang. Bahkan, perusahaan jenis ini mulai menyebar ke berbagai sektor kehidupan, mulai dari Pendidikan, keuangan, hiburan, hingga perdagangan. Lihat tips, pengertian dan rekomendasi lainnya disini.

Posting Komentar untuk "Startup Adalah? Pengertian, Jenis, dan Contohnya"