9 Tips dan Cara Agar Jualan Online Laris

 

Cara Agar Jualan Online Laris

9 Tips dan Cara Agar Jualan Online Laris [Milenialz.com, Blog Bisnis] - Sekarang itu eranya jualan online, kamu bisa jualan apa saja secara online. Dari kebutuhan pokok sehari – hari sampai hobi hingga aksesoris dari ujung rambut sampai ujung kaki bisa kamu temukan secara online. Kamu pasti paham jika pasar online bisa memberikan kesempatan untuk meraih keuntungan, tapi tak sedikit online shop yang tutup karena tak kunjung menghasilkan keuntungan.

Nah, kalau kamu baru merintis usaha jualan online atau tengah berjuang tapi omzet masih pas – pasan. Kamu harus baca ini sampai selesai, karena kita akan membahas bagaimana cara agar jualan online laris. Berikut ini tips cara agar jualan online kamu laris manis diserbu pembeli:

1.   Atur tampilan toko

Jika kamu berjualan online di marketplace seperti Tokopedia atau Shopee, atur tampilan toko online kamu sebaik mungkin. Setelah melengkapi profil dengan jelas, seperti nama toko, alamat, ilustrasi brand, dan sosial media. Kamu juga bisa menggunakan foto profil yang estetik dan menarik. Atur pula tampilan dengan rapi, seperti top produk, kategori, hingga produk diskon, agar mempermudah calon pembeli.

2.   Berikan pelayanan yang ramah dan cepat

Ini menjadi tugas utama kamu sebagai penjual untuk melayani calon pembeli dengan ramah dan cepat. Jadi calon pembeli tidak akan kabur karena pelayanan yang kamu berikan kurang optimal. Hal ini penting karena tujuannya adalah agar mereka beli lagi dan lagi. Nah, jika mendapat keluhan, tetap tanggapi dengan kalem jangan lupa bilang “maaf” jangan langsung defensif dengan penjelasan panjang lebar yang tidak terlalu penting.

3.   Rajin – rajin promosi

Rajin – rajinlah melakukan promosi barang yang kamu jual baik di sosial media maupun di marketplace. Dengan begitu, produk yang kamu jual akan sering dan semakin banyak dilihat orang. Promosikan terus produkmu, walaupun hanya bermodal sosial media sekalipun, karena semakin banyak dilihat maka semakin besar untuk masuk ke eksplore.

4.   Diskon spesial dan cashback

Baik diskon atau cashback sama – sama memberikan hal positif bagi pembeli. Apalagi untuk produk favorit. Pasti deh, pembeli toko kamu bakal beli lagi dan lagi kedepannya.

5.   Kasih bonus pada setiap pembeli

Misalnya kamu jualan sepatu, berikan sepasang kaos kaki untuk si pembeli. Walaupun tidak langsung membeli lagi di waktu dekat, kemungkinan besar mereka akan merekomendasikan tokomu ke teman mereka.

6.   Program gratis ongkir

Memberikan program gratis ongkir? Kenapa tidak, karena pembeli lebih suka belanja di toko yang tidak memungut ongkir. Walaupun kamu harus sedikit memanipulasi harga produk untuk menutupi ongkirnya.

7.   Perhatikan kualitas produk

Walaupun kamu menjual produk yang sederhana, kamu harus tetap memperhatikan kualitasnya. Jangan sampai kamu pembelimu kecewa karena produk yang kamu jual dan kabur ke toko lain.

8.   Pakai caption dan deskripsi yang menarik

Kamu juga bisa menerapkannya di bagian deskripsi produk. Kamu bisa tulis manfaat produk, spesifikasi, komposisi, varian, hingga cara penggunaan. Hal ini akan mempermudah pembeli memahami produkmu.

9.   Mulai pasang iklan

Dari statistik yang banyak penjualan online pertama terjadi berawal dari iklan yang orang lihat. Ini berarti dalam persaingan online shop, iklan pun sangat dibutuhkan untuk menjangkau para calon pembeli. Kamu bisa memanfaatkan layanan iklan Facebook Ads untuk menggaet calon pembeli di Facebook dan Instagram.

Bagaimana? Tips dan cara agar jualan online laris sangatlah mudah untuk diterapkan, bukan? Karena di internet kamu bisa berkesempatan meraih untung dari jualan online. Selain itu, jika Anda menggunakan website sebagai toko tempat Anda jualan online, maka penerapan strategi SEO adalah cara yang tepat. Jika masih awam tentang SEO, menggunakan jasa SEO adalah solusi sederhananya. Semoga sukses!

0 Komentar