Cara Memperbaiki Laptop Lemot

 

Cara Memperbaiki Laptop Lemot

Cara Memperbaiki Laptop Lemot [Milenialz.com, Blog Teknologi] - Saat ini laptop menjadi kebutuhan utama dalam berbagai urusan pekerjaan, utamanya pekerjaan kantor dan kepentingan belajar, tak jarang laptop juga sering kali digunakan sebagai alat cara melacak handphone hilang. Namun, terkadang laptop malah mengalami masalah yang tak terduga salah satunya performa yang melambat, jelas adanya masalah ini akan menyebabkan pekerjaan menjadi terganggu. Lantas, sebenarnya faktor apa saja yang mampu menyebabkan performa laptop menjadi lemot dan bagaimana tips memperbaiki laptop lemot, berikut ulasannya.

Ada beberapa hal yang dapat membuat laptop menjadi lemot, seperti:

1.   Hardisk Penuh

System operasi pada suatu komputer membutuhkan kapasitas tersendiri untuk temporer files, swap, fragmentation dan sebagainya. Sehingga jika kapasitas yang dibutuhkan oleh sistem operasi penuh maka kinerja laptop pun akan menjadi lambat.

2.   Umur Hardisk terlalu tua.

Sama halnya dengan perangkat elektronik lainnya, hardisk pun memiliki umur atau masa pakainya sendiri – sendiri, komponen pada hardisk akan mulai tua dan berkurang performa kinerjanya.

3.   Kapasitas RAM Terlalu Kecil

Ketika kamu membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan dapat menyebabkan RAM akan kekurangan kapasitasnya dan hal tersebut akan berpengaruh pada performa laptop yang kamu gunakan.

4.   Laptop Terserang Virus

Virus atau malware biasanya muncul saat Anda gemar mengunduh file atau program dari suatu situs yang tidak aman.

5.   Terlalu Banyak Aplikasi

Terlalu banyak menyimpan aplikasi di dalam laptop juga dapat membuat performa kinerja laptop menjadi menurun.

Berikut beberapa cara memperbaiki laptop lemot, antara lain:

1.   Uninstal Aplikasi yang Tidak diperlukan

Aplikasi yang terlalu banyak akan membuat kapasitas penyimpanan di Drive C kamu jadi penuh sehingga sistem akan menjadi lama saat membaca hardisk. Dengan menguninstall beberapa aplikasi, akan membuat beban RAM pada laptop kamu menjadi berkurang.

2.   Menginstal Antivirus

Jika kamu merasa Drive C atau RAM laptopmu masih memiliki banyak ruang dan tidak menggunakan banyak aplikasi, namun laptopmu masih saja lemot mungkin hal tersebut dikarenakan adanya virus/malware yang menyerang system operasi pada laptopmu, salah satu cara memperbaiki laptop lemot kamu dengan menginstal antivirus, gunakanlah antivirus tersebut dengan semsetinya ya.

3.   Membersihkan Desktop

Meletakkan banyak aplikasi pada desktop juga dapat menjadi salah satu penyebab laptop kamu menjadi lemot. Sebaiknya jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan saat kamu mengoperasikan laptop karena aplikasi tersebut menjadi working in background yang tanpa disadari memakan kapasitas RAM laptop kamu.

4.   Mereset Ulang Windows

Kinerja hardware juga dipengaruhi oleh usia laptop, semakin tua usianya maka kinerjanya pun semakin menurun sehingga penting untuk kamu merestart ulang windows pada laptop kamu agar kinerja perangkat laptopmu lebih meningkat.

5.   Menambah Kapasitas Penyimpanan

Menambah kapasitas RAM atau mengganti RAM dengan kapasitas yang lebih besar menjadi salah satu cara memperbaiki laptop lemot tanpa instal ulang. Namun, sebelum melakukan penambahan RAM kamu harus terlebih dulu memahami spesifikasi dan kapasitas maksimal penyimpanan dalam laptop kamu, sehingga kamu dapat memilih RAM dengan tepat.

Nah itulah penjelasan mengenai faktor penyebab serta cara memperbaiki laptop lemot, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk kamu.

0 Komentar